Thursday, June 14, 2012

Membuat Web Forum dengan myBB

Ikuti langkah-langkah berikut :
1. Unduh CMS MyBB di http://mybb.com

2. Exstrak hasil unduhan dengan cara “unzip mybb[versi].zip”. Hasil ekstaraksi adalah 2 direktory yakni ditektory “Documentation” dan “Upload”, ganti nama “Upload” menjadi apapun sesuai keinginan ente tapi disini ane mengganti namanya dengan nama “MyBB”

3. Pindahkan direktory “MyBB” ke direktory “/var/www” dengan perintah “mv MyBB /var/www”

4. Buat sebuah aliases baru dengan memasukan script “forum IN A 192.200.27.1” dibawah script terakhir dengan memasukan perintah “nano /var/cache/bind/db.sandi”.
Lihat gambar berikut

Quote:[Image: 2r7c3n9.png]

5. Buat sebuah VirtualHost untuk forum dengan menyalin VirualHost yand ada degan perintah “cp /etc/apache2/sites-available/subdomain etc/apache2/sites-available/forum” lalu setting VirtualHost “forum” dengan perintah “nano /etc/apache2/sites-available/forum”. Ubah scriptnya menjadi seperti gambar dibawah ini

Quote:[Image: 214tjls.png]

6. Jadikan enable VirtualHost “forum” dengan perintah “a2ensite forum” lalu reload Apache2 dengan perintah “/etc/init.d/apache2 reload”

7. Berikan hak akses untuk direktory MyBB dengan perintah “chmod 777 -R /var/www/MyBB” atau ente dapat melihat sendiri tentang pemberian hak akses di direktory “Documentation” (Hasil extraksi yang tadi).

8. Buat sebuah database untuk forum yang akan dibuat nantinya dengan masuk terlebih dahulu ke mysql-server dengan perintah “mysql -u root -p” & masukan password mysql-server ente. Buat sebuah database bernama “myBB” dengan memasukan perintah “create database myBB;”

9. Buka web browser ente dan masukan alamat http://forum.sandimulyadi/install.

10. Disini ente install tuh web forum, tinggal next ajja, isi isian yang tersedia dengan bener.!!!

11. Hapus direktory “install” untuk menghindari installasi ulang dengan menbuka kembali Root Terminal anda dan masuk ke direktory /var/www/MyBB. Hapus dengan memasukan perintah “rm -r install”.

12. Enjoy mantap

Oh iya ane mau nanya nih ke om yang bikin forum DC.,
Kenapa Name Servernya gak dibuat forum.devilzc0de.org tapi malah devilzc0de.org/forum apakah itu ada jaminan lebih aman.???
Atau direktory nih forum sengaja disimpan di dalam direktory utama.???
Contoh "/var/www/DC" --> Direktory utama
"/var/www/DC/forum" --> Direktory forum
cerdas
Kenapa gak dibuat
"/var/www/DC" untuk direktory utama
"/var/www/forum" untuk direktory forum
bingung peace

Udah ya segitu dulu.,
bye


No comments :

Post a Comment