Thursday, June 14, 2012

[basic PHP] Tipe Data

Author : "Kidofdream a.k.a Apin Pase"

Salam

melanjutkan thread sebelumnya tentang Mengenal PHP , Syntax dasar PHP dan Variable pada PHP , malam ini saya akan melanjutkan tutor singkat tentang Tipe Data pada PHP .

Sebenarnya dalam setiap programming ada yang namanya tipe data, tipe data bisa berupa integer, string, boolean dan masih banyak lainnya. Di dalam php sendiri ada beberapa tipe data yang saya tau, diantaranya adalah :

1. Integer
2. String
3. Boolean
4. floating point
5. array
6. object

dan saya rasa masih ada beberapa lagi yang bisa anda googling sendiri

1. Integer
Integer merupakan tipe data yang berupa bilangan bulat (bukan bilangan desimal), dan jangkauannya nya berkisar antara -2147483648 s/d 2147483647 ( 32 bit ), maka kita bisa memberikan sembarang bilangan bulat apa saja selama berada dalam jangkauan tersebut, jika berada diluar jangkauan tersebut, maka akan dianggap floating point (akan dijelaskan dibawah).

2. Floating Point
Yang kedua adalah tipe data floating point, tipe data floating point bisa dikatakan kebalikan dari tipe data integer, tipe data floating point merupakan tipe data yang berupa bilangan desimal atau bilangan pecahan, jangkauan tipe data ini yaitu antara 1.7E-308 s/d 1.7E+308.

3. String
Tipe data selanjutnya adalah tipe data string, tipe data string merupakan tipe data yang berisi karakter, angka ( angka yang bukan integer ataupun floating point ), ataupun kalimat. Untuk membuat tipe data string, digunakan tanda kutip ganda (" "), Jadi, jika kita menuliskan angka dengan diapit tanda kutip ganda, maka itu akan dianggap tipe data string oleh php, sedangkan jika tanpa tanda petik akan dianggap integer ataupun floating point (sesuai jangkauannya). contoh : $nama="1234"; --> akan dianggap string sedangkan $nama=1234; --> akan dianggap sebagai integer

4. Boolean
Tipe data boolean hanya mengandung dua arti, yaitu TRUE atau FALSE . Biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan kondisi pada php.

untuk tipe data yang lain bisa anda cari sendiri di google, soalnya saya juga masih kurang paham. 

*note : tipe data string bisa dimanipulasi lagi dengan menggunakan operator concatenation dan fungsi fungsi tertentu, seperti fungsi strlen() atau fungsi strpos(), dan masih banyak lainnya yang tidak bisa saya jelaskan satu per satu ( baca : saya nggak ngerti ).

Oke, sekian ini dulu, tunggu thread saya selanjutnya yaaa.. :asik :smangat


Sumber

No comments :

Post a Comment