Thursday, June 14, 2012

Mengenal PHP [newbie only]

Baiklah , mungkin posting saya kali ini ( dan berikutnya ) akan berisi tutor2 buat newbie only . Mohon maaf ,

Tutor2 dari saya ini akan berupa tutor yang berlanjut . Saya akan membuat tutor PHP (newbie only) .

oke , langsung aja tutor saya yang pertama , "MENGENAL PHP

PHP yang merupakan singkatan dari : "PHP : Hypertext Preprocessor" adalah suatu bahasa pemrograman web yang biasanya disisipkan dalam html yang berguna untuk membuat website yang dinamis (menurut saya),
kalo mau lebih lengkapnya silahkan anda ke sini , di sini, atau lebih komplit ke sini aja deh, :P.

Bahasa sejenis php ada juga seperti ASP (active server page) dan banyak lagi lainnya, namun PHP tentunya punya kelebihan-kelebihan tersendiri.

kelebihan2 php diantaranya :
1. yang pastinya free
2. open source
3. support banyak database , serperti MySQL, Oracle, PostgreSQL, dan lainnya
4. support banyak web server seperti Apache, IIS, dan lainnya
5. Mampu berjalan di berbagai Sistem Operasi (Linux, Windows, Unix, dan lainnya)
6. dan masih banyak kelebihan lainnya yang bisa anda cari di sini ..

Untuk belajar PHP kita perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu, diantaranya :

1. Tentunya mental dulu donk (oke,, ini lebay)
2. Sebuah PC punya sendiri (saya tau, saya tau, ini gak perlu dibahas, tapi ini penting)
3. okeoke saya serius sekarang , yang pertama adalah Web Server, seperti Apache atau IIS (Internet Information Service), Anda bisa mendownload Apache di sini. apa kegunaan webserver ? Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya. ( sumber : wikipedia )
4. Yang dibutuhkan selanjutnya adalah modul PHP yang bisa anda download di sini.
5. MySQL , bisa anda download secara gratis di sini.
6. Editor PHP, anda bisa menggunakan software seperti dreamweaver, php designer atau php editor ataupun notepad. googling aja ya, mudah kok dapatnya, kalo emank males pake notepad aja (why not ?).
7. sebuah web browser seperti Internet Explorer, Firefox, Thunderbird, Google Chrome, dan lainnya.
*untuk nomor 3, 4 dan 5 saya sarankan untuk mendownload software seperti XAMPP, Appserv, PHPTriad dan lainnya, karena didalamnya sudah mencakup (Apache, MySQL, PHP, PhpMyAdmin), jadi anda tak perlu repot2 mendownload satu persatu , untuk menginstal nya pun sangat mudah , cukup sekali instal . anda bisa mendownload XAMPP di sini atau appserv di sini

okeh.. mungkin untuk saat ini , ini dulu ya .. ntar kita lanjutin ke tahap selanjutnya. . ditunggu yaa

regardz
kidofdream

sumber dengan modifikasi yang lebih baik

No comments :

Post a Comment