Thursday, June 14, 2012

[basic PHP] Variable pada PHP

Salam

Berdasarkan thread saya sebelumnya di Mengenal PHP dan Syntax dasar pada PHP , malam ini saya akan menjelaskan lebih lanjut tutor2 buat yang masih awam dalam pemrograman php. ( yang belum baca thread saya sebelumnya silahkan dibaca baca dulu )

kali ini yang akan saya share menyangkut tentang variabel dalam php, termasuk bagaimana cara penulisannya .. oke, let's cekidot ..

Nah, yg pertama perlu diketahui variable berfungsi untuk menyimpan data sementara, baik itu berjenis integer, string, ataupun array.

Selanjutnya saya akan membeberkan aturan2 yg diperlukan dalam penamaan variabel pada php, cekidot :

1. Setiap variable selalu di awali dengan tanda $.
2. variable bisa berupa angka, huruf , atau underscore ( _ )
3. Nama variable ( bukan variable, tapi nama variable ) diawali dengan huruf atau underscore ( _ )
4. Sebuah nama variable tidak boleh ada spasi , jika memang namanya lebih dari satu kata, gunakan lah underscore untuk pemisahnya , atau mungkin digabung tanpa pemisah. misalnya mau nulis Semut Hitam , maka penamaan variabel nya menjadi : $SemutHitam atau $Semut_Hitam
5. Variable bersifat case sensitive, yang berarti penamaan variable membedakan bentuk penulisan antara huruf besar dan huruf kecil, contohnya variable $contoh berbeda dengan $Contoh atau $ConToh.
6. oh ya, ada perbedaan saat menulis variable yang bertipe string, integer ataupun array. Dalam menulis variable yang bertipe string, nilai dari data string tersebut diapit oleh tanda kutip ( " " ), sedangkan integer tidak.

Nah, mungkin masih rada2 bingung sama aturan2 diatas, untuk lebih mengerti kita masuk contoh aja ya ...

Ketikkan kode berikut di editor anda , lalu save dengan nama "belajarvariabel.php" ( terserah anda ) , dan simpan di htdocs atau dokumen web server anda ( jika anda telah mengganti tempatnya )


PHP Code:
<?php
$NamaVariable
="ini tipe data string"// variable disamping mengandung tipe data string$_4ngk4=123// ini untuk tipe data integerecho"<br>$NamaVariable";
print
"<br>$_4ngk4";?>

nah penjelasannya sbb :


Quote:<?php --> tentu anda sudah tau, ini untuk memulai penulisan script php

Quote:$NamaVariable --> ini adalah suatu variable yang bernama NamaVariable, bisa anda lihat dari penulisannya, Saya menggabungkan dua kata (lihat aturan)

Quote:"ini tipe data string"; -->> nah, tanda kutip ganda ("") tersebut menunjukkan bahwa tipe datanya string, sedangkan titik koma (;), untuk akhir dari suatu baris perintah. ( lihat pada thread "Syntax dasar pada PHP" )

Quote:$_4ngk4=123; -->> bisa anda lihat, untuk menulis variable yang namanya terdapat angka, saya harus menambahkan underscore ( _ ) terlebih dahulu, dan nilai variable yang berisi angka, tidak terdapatnya tanda kutip menunjukkan kalau variable tersebut bertipe data integer.


Quote:echo"<br>$NamaVariable"; -->> echo adalah perintah untuk mengeksekusi suatu perintah seperti memanggil variabel atau dapat juga digunakan jika ingin menampilkan suatu tulisan atau lainnya (ex : echo"ini php"; akan menghasilkan tulisan ini php) nah, disini saya menggunakan echo untuk memanggil variable $NamaVariable yang akan "mengeksekusi" nilai dari variable $NamaVariable. sedangkan <br> adalah tag html, untuk membuat suatu baris baru ( new line )

Quote:print"<br>$_4ngk4"; -->. print adalah perintah yang sama seperti echo.

Quote:?> --> saya yakin anda sudah tau, ini berfungsi untuk mengakhiri php ( setiap ada pembuka harus ada penutup kan :p )
 

No comments :

Post a Comment